Promosi Kurang, F1 Minim Penonton

Promosi Kurang, F1 Minim PenontonShanghai – Formula 1 memang memiliki audiens yang besar di televisi. Namun jumlah penonton yang hadir untuk menonton langsung ke sirkuit masih tak sesuai harapan. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya promosi.

Jumlah penonton F1 di televisi menunjukkan kecenderungan yang meningkat. Seperti dilansir dari Sport Business, tayangan F1 tahun 2008 di layar kaca mencapai 600 juta pemirsa atau naik tiga juta dari tahun sebelumnya.

Sementara itu, jumlah mereka yang menyaksikan F1 di musim 2010 melalui televisi mencapai rekor tertinggi di sejumlah negara. Seperti dikutip dari situs resmi F1 jumlah penonton lomba jet darat, jumlah penonton di Spanyol mencapai 7,4 juta atau rekor tertinggi sejak Fernando Alonso menjadi salah satu kandidat juara di tahun 2007.

Di Jerman, jumlah penonton mencapai 10,3 juta. Media penyiaran RTL menyatakan bahwa angka tersebut dipengaruhi oleh comeback Michael Schumacher. Angka tersebut naik menjadi 12,1 juta penonton ketika Sebastian Vettel menjadi juara dunia.

Namun begitu kondisi tersebut tidak berbanding lurus dengan jumlah penonton yang menyaksikan langsung di sirkuit. “Ketika tribun penonton tidak terisi dalam jumlah yang sesuai ekspektasi kami, namun setiap saya datang ke bandara saya selalu mendapat sambutan hangat,” kata pembalap McLaren Lewis Hamilton seperti dikutip dari Reuters.

Sementara team principal Red Bull Martin Whitmarsh mengatakan bahwa kondisi ini terjadi karena kurangnya promosi yang dilakukan oleh pihak F1. “Bila Anda berjalan-jalan di kota Shanghai dan mencoba mencari bentuk-bentuk promosi untuk GP China, saya menebak Anda bakal kesulitan menemukannya,” lugas dia.

Whitmarsh mengatakan bahwa pihak F1 harus bekerja lebih keras lagi untuk bisa menjaring penonton untuk datang langsung menyaksikan para jagoan jet darat beraksi. Apalagi untuk musim-musim mendatang, ada sejumlah sirkuit baru yang akan digunakan seperti di India, Amerika Serikat, dan Rusia.

“Beruntung kami masih memiliki jumlah penonton televisi yang fantastis. Namun kami harus bekerja lebih keras utamanya di sirkuit-sirkuit baru untuk mempromosikan olahraga ini,” kata Whitmarsh

“F1 harus bekerja lebih keras dibanding apa yang sudah kami lakukan sejauh ini. Saya memang bukan promotor olahraga, saya hanya seseorang yang bekerja di sebuah tim F1. Namun saya pikir F1 harus melakukan sesuatu yang lebih untuk mempromosikan olahraga ini, mengembangkannya, dan berinvestasi lebih dalam segi promosi,” tuntas pria yang juga chairman dari asosiasi tim F1 (FOTA) tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s