First Steel Cutting, Kapal Tanker 17.500 LTDW Ke-2, pesanan PT Pertamina (Persero)

First Steel Cutting, Kapal Tanker 17.500 LTDW Ke-2, pesanan PT Pertamina (Persero)

Senin, 21 Nopember 2011, untuk yang kedua kalinya, PT PAL Indonesia (Persero) kembali menandai dimulainya proses pembangunan Kapal Tanker, dengan melakukan First Cutting untuk Kapal Tanker 17.500 LTDW pesanana PT Pertamina (Persero), dimana kapal tersebut merupakan kapal Tanker yang kedua dengan bobot yang sama untuk tahun ini 2011. Kapal Tanker yang ke-1 telah dilakukan first cutting pada tangal 6 Juni  2011. First Steel Cutting bertempat di Bengkel Fabriksi Divisi  Kapal Niaga PT PAL Indonesia (Persero) yang dihadiri oleh Coordinator Ship Construction PT Pertamina (Persero), Bapak Subagjo H. Moeljanto, Komisaris PT HSS, Bapak Agus Wibisono dan NK Class, Mr. Hisashi Ikeda, serta Manager Surabaya Area Niaga Bank Mandiri, Bapak Ali Usman serta jajaran Pimpinan PT PAL Indonesia (Persero).

Kepercayaan PT Pertamina (Persero) yang diberikan kepada PT PAL Indonesia (Persero) dalam Pembuatan Kapal Tanker, adalah : Pertama, pembuatan  2 (dua) unit Kapal Tanker ukuran 3.500 DWT (MT.MINAS & MT MELAHIN), diserahkan pada tahun 1985. Kedua, pembuatan Kapal Tanker ukuran 6.500 DWT (MT KURAU), diserahkan pada tahun 1992. Ketiga, pembuatan Kapal Tanker ukuran 17.500 LTDW ( MT PALU SIPAT), diserahkan pada tahun 2000 dan MT FASTRON ukuran  30.000 LTDW diserahkan pada tahun 2005 yang acara penyerahannya di hadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono.

Dalam kata sambutanya Bapak Subagjo H. Moeljanto, menyampaikan bahwa pemesanan ini sebagai bukti komitmen PT Pertamina (Persero) terhadap pelaksanaan Inpres No. 5/2005 sekaligus sebagai dukungan nyata PT Pertamina (Persero) untuk pengembangan Industri Maritime Nasional. Direktur SDM & Umum PT PAL Indonesia (Persero) Bapak Sewoko Kartanegara menyampaikan bahwa dengan kepercayaan dan pengalaman mengerjakan proyek-proyek Pertamina, kami optimis dapat menyelesaian dengan kualitas yang dipersyaratan. Oleh karena itu dengan adanya order pembangunan 2 Unit Kapal Tanker 17.500 LTDW ini kami sungguh merasa berbahagia dan bangga atas kerja sama yang telah terjalin selama ini antara PT PAL Indonesia (Persero) dengan PT Pertamina (Persero), sehingga pembangunan kapal ini dapat terlaksana di PT PAL Indonesia (Persero) dan sangat diharapkan kerjasama yang telah terbina dengan baik dapat lebih ditingkatkan di masa mendatang.

Keberhasilan dalam pelaksanaan pembangunan Kapal Tanker 17.500 LTDW di PT PAL Indonesia (Persero), ini merupakan suatu realisasi dari cita-cita yang luhur dari PT Pertamina (Persero), dan semua unsur yang terlibat dalam pengadaan pembangunan kapal ini. Hal ini semata-mata suatu upaya untuk pemberdayakan Industri Galangan Nasional. Untuk itu dalam kesempatan ini ijinkan kami menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Direksi dan para pejabat PT Pertamina (Persero)  yang  terkait dengan pembangunan kapal ini dan semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu.

Kerjasama ini merupaka suatu komitmen untuk mensukseskan implementasi dari Kepres No. 5/2005 untuk pengembangan Industri Maritime Nasional dan ini tentunya juga telah mewujudkan nilai tambah pada kemampuan industri  dalam negeri, karena banyaknya keterlibatan dukungan SDM dan industri-industri pendukung di sekitar galangan kapal. Hal ini tentu sangat penting untuk menstimulir pertumbuhan cluster-cluster industri baru untuk menyerap dan menciptakan lapangan kerja baru, sekaligus sebagai wahana transformasi keahlian untuk menciptakan komunitas masyarakat yang mandiri dalam segala aspek industrialisasi.

Order pembangunan kapal ini berdasarkan Manufacturing dan Purchase Contract Nomor 008/F20000/2010-SO dan nomor pembangunan M000272 yang telah di tandatangani kontraknya pada tanggal 10 Desember 2010 dan akan di selesaikan pada Medio April, dengan mitra-kerja PT High Speed Shipyard (HSS), Kapal Tanker 17.500 LTDW ini dibangun atas dasar kelas NK Jepang dan menggunakan konstruksi lambung ganda.

Spesifikasi Kapal Tanker 17.500 LTDW sbb;

Length Over All  :  157.50 M

Lenght Between Perpendicular  :  149.50 M

Breadth Mould, abt  :  27.70 M

Depth Mould, abt  : 12.00 M

Scantling Draf Mould  : 7.00 M

Design Draught Max  :  7.00 M

Services Speed  :  13. 00 Knots

Gross Tonnage  :  17.500 LTDW

Compliments Officers  :  12 Person

Crew  :  18  Person

Total  :  28  Person

Class  : Nippon Kaiji Kyokai (NK Class)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s