Membuat Pompa Air Sederhana

 

diaphragma1 diaphragma2

Bahan utama pompa ini terbuat dari kayu dan karet, ditambah pengikat dari metal, ring, dan bantalan pada dua titik yang mudah aus. Ia terdiri dari ruang pemompaan yaitu kotak kayu yang kedap air yang dilapisi dengan dua katup karet. Diaphragm terbuat dari karet ban-dalam membentuk bagian atas ruang pemompaan yang lebih rendah. Sebuah engkol vertikal terikat ditengah diaphragm. Menggerakkan engkol pompa akan menambah atau mengurangi volume di kamar pemompaan karena dipengaruhi oleh kedua katup.

Dua atau tiga liter dari air dapat dipompa secara vertikal sejauh tiga sampai empat meter pada setiap kayuhan. Jika pompa itu dibuat lebih kecil, ia akan memompa sejumlah kecil air dengan jarak yang lebih jauh. Jika ia dibuat lebih besar, ia akan memompa sejumlah besar air dengan jarak yang lebih dekat.

Pompa ini dapat dioperasikan oleh satu atau dua orang, dan dapat disesuaikan dengan tenaga binatang atau angin. Perpipaan dengan bambu atau perpipaan dengan bahan yang murah dapat digunakan untuk mengalirkan air secara ekonomis untuk jarak-jarak yang pantas dipertimbangkan. Dua atau lebih pompa dapat disatukan berdampingan untuk mengangkat lebih banyak air per kayuhan, atau ditempatkan dari ujung ke ujung untuk menggerakkan air lebih jauh.

Pitcher type:

pitcher1 pitcher21

Pompa ini mampu mengangkat antara 8-10 galon/menit untuk 10-15 kaki pengisapan. Pengangkatan maksimum adalah sekitar 20 kaki. Beberapa pengelasan mungkin diperlukan, seperti juga penguliran pipa, tetapi proses konstruksi alternatif bisa disesuaikan dengan sumber daya dan ketrampilan yang tersedia.

Spangler type:

spangler1 spangler2 spangler3

Pompa ini sederhana, dapat diandalkan dan berbiaya rendah. Suatu pompa yang serupa pada gambar diatas sudah dikembangkan di Thailand dengan ongkos sekitar US$30 (Rp 300rb). Dapat mengaliri sekitar 5-15 galon/menit tergantung pada kedalaman air. Pompa ini dapat digunakan untuk irigasi dan juga untuk tujuan yang umum.

Pipa PVC ringan, tahan lama, mudah dikerjakan, dan relatif murah. Pompa dari PVC ini jauh lebih mudah dalam pembuatan, pemasangan, pemeliharaan, dan perbaikan dibanding pompa dari besi cor. Pompa PVC terutama cocok untuk penyediaan air masyarakat dan sebagai dasar untuk pabrik pembuatan skala kecil. Suku-cadang relatif mudah dan dapat dibuat oleh toko-toko atau pabrik-pabrik kecil dengan desain yang telah ditentukan.

Inertia type:

inertia1 inertia2

Dengan hanya tiga bagian yang bergerak, pompa ini mudah dibuat dan dirawat. Rancangan pompa ini unik: seluruh pompa bergerak naik dan turun, bukan bagian dalam yang bergerak. Pompa ini dapat dibuat dari pelat logam, seperti yang digambarkan di sini, atau dari pipa PVC atau bambu, meski bambu itu mungkin tidak tahan lama.

Pompa ini efisien untuk mengangkat air dari jarak pendek, sampai ke maksimum sekitar 4 meter. Kapasitas pompa tergantung pada ukurannya dan seberapa cepat pompa itu dinaik-turunkan. Versi 8-cm akan mengangkat 75-114 liter/menit untuk jarak 4 meter. Versi 15-cm akan mengangkat 227-284 liter /menit untuk jarak 1 meter.

Archimedes type:

archimides-screw1 archimides-screw2

Ada banyak situasi di mana air untuk irigasi perlu untuk diangkat hanya pada jarak yang sangat pendek dari sungai atau saluran irigasi ke ladang-ladang. Untuk memenuhi hal ini, petani-petani di zaman lampau mengadaptasi suatu alat yang telah ditemukan oleh Archimedes. Alat itu adalah Archimedes srew, pompa berbentuk sekerup yang diatur di sekitar pusat poros engkol. Sekrup itu dapat dibuat dengan berbagai cara, dari tabung yang membungkus berkelanjutan di sekitar batang itu hingga kepada suatu rangkaian papan atau plat-plat yang berpilin saling silang di dalam suatu silinder. Tergantung pada desain, pompa ini dapat digunakan untuk  tujuan-tujuan yang berbeda seperti pengangkatan air atau memuat biji-bijian.

sekrup Archimedes disini adalah suatu alat pengangkatan air. Terdiri dari suatu silinder terbuat dari kayu membungkus di sekeliling papan yang tersusun spiral dan saling overlap. Batang pusat terbuat dari pipa besi atau batang metal. Sekrup itu diputar dengan tangan, atau dapat dihubungkan dengan kincir angin. Pompa ini mampu mengangkat kira-kira 100 galon air/menit setinggi 18-20 inci. Pompa ini dapat dipindahkan dengan mudah dari satu ke tempat lain jika dibutuhkan. Pompa jenis ini masih digunakan sehari-hari oleh petani-petani Mesir sepanjang sungai Nil.

animal-driven animal-driven2

Pompa ini adalah yang paling rumit dan mahal dari yang tercakup di manual ini. Tetapi mempunyai potensi hasil akhir yang terbesar. Ongkos pembuatan pompa bergantung pada ketersediaan bahan-bahan yang tak terpakai dan dapat dikurangi biayanya dengan menggantikan bahan yang lebih murah dan sesuai yang tersedia di tempat itu misalnya dari kayu gergajian/rongsokan. Jika kayu gergajian/rongsokan tidak tersedia, batang kayu gelondongan dapat digunakan. Lengan torsi juga dapat dibuat dari galah bulat atau besi siku, tergantung pada bahan yang tersedia. Jika pompa itu ingin dipindahkan dari satu ke sumur yang lain garis tengah batang kayu itu harus dijaga antara 75-125 cm. Rangka dan pompa dapat dibawa tanpa banyak kesukaran. Atau, kumpulan pompa dapat ditarik oleh satu binatang dari satu lokasi ke lokasi yang lain.

Rampump 1:

hydraulic-pump-0 hydraulic-pump-2 hydraulic-pump-1 hydraulic-pump-4 hydraulic-pump-5 hydraulic-pump-6

Pompa ram ini terbuat dari sambungan pipa yang banyak dijual dan dua klep yang dimodifikasi, memerlukan hanya mesin bor dan perkakas tangan sederhana untuk membuatnya. Ia sudah diuji pada drive head dari 5-40 dan mampu mengalir hingga 70-head, atau 20 kali drive head. Ia mampu mengirim beberapa ribu liter per hari. Pompa ini secara luas telah diuji dan telah digunakan dengan sukses pada beberapa kondisi ladang.

Pompa ini dapat mengisi sejumlah persediaan air yang diperlukan di situasi-situasi di mana air harus diangkat dari suatu mata air pada suatu tingkat yang lebih rendah ke suatu tingkat yang lebih tinggi. Yang dibutuhkan untuk membuat rampump ini bekerja adalah cukupnya kejatuhan air yang cukup cepat untuk mengalirkan air melalui pipa. Dan jika kejatuhan air tidak terjadi secara alami -dan ini sering menjadi kasus, kejatuhan itu dapat diciptakan dengan mengaliri air pada pipa yang cenderung kebawah/menurun sehingga momentumnya diciptakan semata-mata di dalam pipa.

Pedal water pump

pedal-waterpump1

Hand-Operated Water Pump (Archimedes’ Screw)

informitcom1

Bagaimana air dapat naik? Bukankah itu bertentangan dengan hukum alam?

Bahan:

  • 50 cm Pipa PVC
  • 1m Selang air kecil transparan
  • selotip
  • 2 buah mangkuk
  • air
  • cat air atau pewarna makanan

Lingkarkan selang sekeliling pipa (lih gambar), lekatkan dg selotip. Isi mangkuk2 dg air lalu letakkan salah satu ujung pipa didalam mangkuk ke 1. Pipa harus tetap miring keatas. Ujung pipa yg lain letakkan diatas mangkuk ke 2 yg diletakkan lebih tinggi dari mangkuk ke 1. Putarlah pipa dg tangan berlawanan arah jarum jam. Akan lebih mudah melihat apa yg terjadi bila menambahkan sedikit pewarna di air.

geocitiescom-1 geocitiescom-2 geocitiescom-3 geocitiescom-4 geocitiescom

Ini adalah satu archimedean membauti pompa air memenuhi dari mengencerkan kayu lapis dan resourcinol membentuk lem aldehid. Ini ditiru satu dekorasi natal, pusat dibuat dari satu bingkai ruang kaku terliput dengan kayu lapis. Penekanan dikonsentrasi ada di puncak di tengah-tengah, sehingga bit ini harus dibuat lebih kuat dibandingkan sisa. Pertunjukan ini bagaimana caranya menempelkan dua disk kayu lapis bersama-sama; disk lebih, pompa lebih panjang. Setelah cakram glueing bersama-sama mereka harus digenggam pada satu berjingkrak-jingkrak sementara pusat dimasukkan dan sampul luar dibentuk.

Walau cakram direkatkan jadi satu bidang datar, mereka harus diregang agar membentuk archimedean bauti. Mereka harus digenggam di bentuk ini sementara pompa dilengkapi.

Pompa diarahkan atas pertolongan satu tempatkan padat sepanjang pertengahan; ini harus satu cocok bajik pada ruang pusat bingkaian mencegah konsentrasi penekanan. Pompaku mempergunakan pengepasan berakhir logam dan kaitan blok tukang ledeng.

Spiral Waterpump:

spiralpump-earthgarden1

Pompa geseran positif ini buat dari panjang tunggal dengan bergulung poly menyalurkan lewat pipa dan didisain didaya oleh air. Pipa bergelung pada satu pesawat vertikal dan dinaiki pada satu gandar horisontal. Sebagai kayuh berputar coil dari poly menyalurkan lewat pipa di atas air, bagian lebih rendah dibenamkan. Buka akhir dari coil mengambil satu kekecilan ‘ tegukan ’ air setiap kali ini berputar. Satu urutan bertukar-tukar dari udara dan air dipandu sepanjang pipa ke arah pusat dari berpilin. Coil berurutan dari pimpinan pipa ke satu peningkatan kumulatif pada desakannya pompa keluaran. Ketika satu darat memperbaiki pipa dihubungkan sampai akhir dan coil paling kecil, kemudian air dapat dialihkan ke satu titik lebih tinggi, seperti itu satu empang atau satu mobil tempur. Dalam hal ini, Mobil tempurnya Jill akan 16 meter di atas sungai.

Pompa pilinan ini adalah satu penggantian langsung dari satu piston standar kekecilan pompa dan telah membuktikan sama halnya efisien di pemompaan satu set volume per hari

.

Hand pump:

therarmorg

Hand Pump 2

pump-johntom

Hand Pump 3 ( Rope Pump)

ropepump ropepump1

Hand Pump dari PVC.

vacuumpump drw vacuumpump VacuumAndPump

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s