Merakit Komputer Sendiri

merakit komputerMerakit komputer bisa dilakukan oleh siapa saja, sepanjang dia mengetahui fungsi dari setiap perangkat komputer. Banyak orang bilang merakit komputer adalah pekerjaan yang sulit dan hanya dapat dilakukan oleh para pakar komputer. Anggapan ini tentu tidak semuanya benar, tidak membutuhkan gelar apapun untuk bisa merakit komputer dengan baik dan benar, kita hanya perlu mengetahui sedikit pengetahuan tentang komponen komputer dari sisi hardware, selebihnya keberanian untuk mencoba dan kehati-hatian kita pada saat merakit adalah hal yang paling penting bagi para pemula.

Sebelum kita mencoba untuk merakit sebuah komputer ada baiknya kita mempelajari dahulu beberapa panduan komputer mengenai komponen komputer yang dibutuhkan ketika kita ingin merakit sebuah komputer.

Komponen komputer yang dibutuhkan

1. Prosesor

2. Motherboard

3. Memori

4. Hardisk

5. Casing

6. CD/DVD ROM-RW

7. Power Supply

8. Kabel-kabel pendukung seperti kabel IDE, Sata, kabel power dl

Perkiraaan harga Masing-masing komponen komputer

1. Prosesor dengan spesifikasi INTEL G620 berkisar harga Rp.620.000,-

2. Motherboard INTEL SOCKET LGA1155 Berkisar harga Rp. 680.000,- dengan merk Asrock H61DEL

3. Memori DDR3 berkisar harga Rp. 100.000,- Bergantung merk seperti Venom, Visipro, Muscle dll

4. Hardisk Sata berkisar harga Rp. 350.000,- s/d Rp. 400.000,-  dengan kapasitas 500 Gb

5. CD/DVD RW standart berkisar harga Rp. 200.000,- tergantung merk seperti Samsung, LG atau Lite On

6. Casing Desktop Standart berkisar harga Rp. 150.000,- s/d Rp. 300.000,- Sudah termasuk Power supply

Melihat dari Perkiraan diatas dana yang kamu butuhkan untuk merakit sebuah komputer Maksimal berkisar Rp. 2.300.000,-  harga ini belum termasuk monitor LCD, karena disini kita hanya mempelajari cara merakit komputer. Sebagai Informasi saja harga monitor LCD dengan spesifikasi 17 Inc berkisar harga Rp. 1.200.000,- s/d Rp. 2.000.000,- bergantung merk.

Step By Step Merakit Komputer

1. Memasang Prosessor di mainboard

Pasang Prosessor di mainboard sesuai dengan buku petunjuk yang diberikan saat kamu membeli mainboard. pastikan prosesor tertancap dengan baik pada slot yang tersedia. Kemudian lanjutkan dengan memasang Kipas prosesor berikut pendinginnya. Biasanya saat kamu beli prosessor baru, kipas dan pendingin ini sudah termasuk dalam paket pembelian kamu. Setelah prosesor tertancap berikut kipas pendinginnya jangan lupa untuk menyambungkan kabel yang ada di kipas prosessor ke jumper yang ada mainboard. Silahkan baca buku petunjuk bawaan motherboard.

2. Memasang Memori

Tancapkan memory ke slot memori yang ada di mainboard. Pastikan slot tertancap dan  pasti jangan sampai posisi memori miring atau tidak masuk sebagiannya.

3. Memasang Mainboard ke Casing komputer

Letakkan mainboard pada casing sesuai dengan urutan tempat kamu bisa memasukkan baut untuk mengunci posisi motherboard.

4. Memasang Kabel Power Supply ke mainboard

Kabel power yang keluar dari power supply berfungsi untuk memberikan supply ke komputer, tancapkan kabel power tersebut pada slot power yang ada di motherboard. Langkah yang satu ini sangat penting dalam merakit komputer, jika kabel tidak terpasang di motherboard dijamin komputer rakitan kamu tidak akan hidup.

6. Memasang Hardisk

Letakkan Hardisk pada posisi yang tepat didalam casing, kemudian kunci posisi hardisk dengan baut agar mantap dan tidak bergoyang. Disarankan untuk berhati-hati dalam memasang hardisk, karena benda satu ini sangat rentan terhadap benturan. usahakan terjadi benturan keras pada saat memasang hardisk pada casing. Sambungkan semua kabel hardisk pada motherboard, baik kabel sata ataupun kabel powernya

7. Memasang CD/DVD RW

Pemasangan CD DVD tidak jauh berbeda dengan pemasangan hardisk. baik dari sisi kabel ataupun posisi pemasangan CD DVD di Casing.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s