MERAKIT POWER AMPLIFIER PLUS RADIO FM TUNER

Untuk merakit POWER AMPLIFIER yang ada RADIO FM STEREO nya maka harus di siapkan adalah:
  1. KIT STEREO TUNER FM (pilih yang anti desis/desah)
  2. KIT TONE CONTROL STEREO (pilih yang langsung ada IC Regulatornya)
  3. KIT POWER OCL STEREO (misalnya OCL 200 W produck BELL)
  4. TRAFO CT (sesuai kebutuhan 5A-20A)
  5. BOX
Langkah -Langkah Merakit Radio FM Setereo
  1. Solder kabel listrik ke Trafo 0 – 220V dan juga pasang Power Switch on/off
  2. Hubungkan output trafo (18V-0-18V) ke PCB Power Supply
  3. Hubungkan ouput Power Supply (+18V, 0, _18V) kebagian PCB Power OCL STEREO. Perhatian: Jangan sampai terbalik polaritasnya jika terbalik KIT POWER OCL STEREO bisa rusak !!! disini 0 = 0V atau GND (grond/tegangan tanah)
  4. Hubungkan output SPK pada PCB KIT POWER OCL STEREO ke Terminal Sepeaker. Kemudian coba colokkan kabel listri ke listrik 220V dan on-kan Switch-nya kemudian sentuh bagian input pada PCB KIT POWER OCL STEREO. Jika terdengar suara yang keras pada SPK maka rakitannya benar dan teruskan langkah selanjutnya.Oh iya… Jangan lupa Power OCL nya di beri sirip pendingin (heatsink) yang cukup besar agar TR-nya tidak panas dan akan lebih baik dikasih kipas juga.
  5. Hubungkan input DC 12V (+,-) pada KIT STEREO TUNER FM ke PCB POWER SUPPLY (+18V) sebaiknya diberi tambahan IC regulator 7812, karna tegangan yang di butuhkan KIT STEREO TUNER FM adalah 12V. Nah… Output tegagan 12V dari IC 7812 ini bisa juga dimanfaatkan untuk tone control, dan juga rangkaian GALAXI, jika Anda menggunakan tone control dan GALAXI yang menggunakan tegangan 12v. Jika IC 7812 kelewat panas maka berilah pendingin secukupnya dan boleh di tempelkan pada box karna body IC 7812 adalah GND
  6. Hubungkan Output (L & R) pada KIT STEREO TUNER FM ke input pada PCB KIT TONE CONTROL STEREO. Jika ingin bass dan treble nya lebih tajam maka kamu bisa tambahin Kit GALAXI, atau yang sejenisnya. Kit ini sebaiknya di pasang sebelum Tone Control.
  7. Hubungkan ouput (L & R) pada TONE CONTROL ke input (L & R) pada POWER OCL. Hubungkan VCC +12V ke output IC 7812 dan negative-nya ke Ground (CT trafo). Tapi jika Anda menggunakan tone control dengan tegangan ganda biasanya langsung ada IC 7815 dan 7915 sebagai regulatornya. Maka langsung saja sambungkan input VCC nya ke PCB Power Supply (+18V, 0V, -18V)
  8. Solder dan sambungkan input antena pada TUNER ke antena.
  9. Teliti kembalil apakah sudah benar dan tidak ada yang terbalik terutama bagian VCC-nya.
  10. ON kan Perangkat dan cari siaran, jika ada sinyal atau siaran maka lampu hijau akan menyala dan jika pemancarnya Stereo maka lampu merah juga akan menyala.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s