Pesawat Terbang Indonesia 100% Buatan Lokal

B. J. Habibie:

Pabrik pesawat terbang di Indonesia merupakan pabrik pesawat terbang yang canggih. Karena semua komponen pesawat terbang tersebut dibuat oleh pabrik tersebut. Kristopo

Jakarta--Suatu negara jika sudah dapat membuat pesawat terbang berarti negara tersebut dapat dikatakan sudah maju, karena telah memiliki teknologi yang maju. Indonesia sudah dapat dikatakan negara maju, karena sudah dapat membuat pesawat terbang.

Demikian disampaikan mantan Presiden B. J. Habibie, dalam Pidato Ilmiah pada acara pemberian penganugrahan untuk B. J. Habibie, dari Badan Standarisasi Nasional (BSN), di Jakarta, Kamis, 24 Maret 2011.

Menurut Habibie, pesawat terbang buatan Indonesia merupakan pesawat terbang yang canggih. Pasalnya, 100% pesawat terbang itu buatan Indonesia, termasuk semua komponen pesawat tersebut dibuat di dalam negeri.

“Baik sayap pesawat, badan pesawat dan lain-lain dibuat di Indonesia,” kata Habibie.

Ia menambahkan, berbeda dengan pesawat AirBus yang tidak semua komponennya dibuat di pabrik AirBus.  Sayap AirBus diproduksi di perusahaan lain.

“Jadi, pabrik pesawat terbang di Indonesia merupakan pabrik yang hebat. Karena semua komponen pesawat dibuat di dalam negeri,” jelasnya.

Pada kesempatan ini, Habibie juga menjelaskan tekadnya untuk membuat pesawat terbang karena didorong oleh perasaan hutang (janji) dengan Pemerintah Orde Lama (Orla).

“Saat Orla masih memimpin negara ini, saya dikirim belajar ke luar negeri untuk mempelajari teknologi dan disuruh mengembangkan teknologi di dalam negeri. Karena itu, setelah saya belajar di luar negeri saya kembali ke Indonesia untuk mengembangkan teknologi di Indonesia,” katanya.

Berbagai teknologi telah dikembangkan di Indonesia, salah satunya membuat pesawat terbang. Pesawat terbang jenis CN 235 merupakan pesawat terbang yang dibidani Habibie dan dikembangkan oleh PT. Dirgantara Indonesia (DI).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s