pembelian empat pesawat CN-235/MPA KCG

PT DI Serahkan Unit CN 235 Terakhir ke Korea

BANDUNG–MICOM: PT Dirgantara Indonesia (DI) menyerahkan satu unit pesawat CN235/MPA (Maritime Patrol Aircraft) ke Penjaga Pantai Korea Selatan (KCG). Ini merupakan pesawat terakhir dari empat pesawat yang dipesan KCG.

“Sebelumnya, pesawat pertama dan kedua telah diserahkan pada Mei 2011. Sedangkan pesawat ketiga diserahkan pada Desember 2011,” kata Direktur Utama PT DI Budi Santoso di Hanggar CN 235 PT DI di Bandung, Jumat (9/3).

Penyerahan disaksikan oleh Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin dan Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Young-sun.

Menurut Budi, kontrak pembelian empat pesawat CN-235/MPA KCG tersebut ditandatangani pada Desember 2008 dengan total nilai kontrak sebesar US$94,5 juta.

“Pesawat ini memiliki tenaga sepasang mesin General Electric CT7-9C, masing-masing berkekuatan 1.750 daya kuda (Shp),” jelas Budi.

Selain itu, lanjut Budi, pesawat ini juga dilengkapi dengan search radar, flir, ESM, IFF interrogator, tactical navigation, tactical computer system, camera, bubble window dan sejumlah fasilitas teknologi penunhang lainnya.

Setelah diserahterimakan, pesawat diterbangkan menuju Korea Selatan dengan rute Bandung-Tarakan-Clark (Filipina)-Taipe (Taiwan)-Gimpo (Korea Selatan).

Penerbangan diperkirakan berlangsung tiga hari dua malam dengan pilot Captain Adi Budi Atmoko dan co-pilot Captain Ester Gayatri Saleh.

“Sebelum diterbangkan ke Korea, pesawat telah menjalani serangkaian pengujian sesuai prosedur berlaku dan dilakukan uji penerimaan (acceptance test),” ujar Budi lagi.

Menurutnya, penyerahan pesawat CN-235/MPA ini menunjukkan bahwa negara maju masih mempercayai produk-produk PT DI. Dengan selesainya pesanan terakhir ini, Korea telah memakai 12 pesawat CN-235 buatan PT DI.

“Kontrak ini menjadi motivasi bagi karyawan untuk melanjutkan industri kedirgantaraan Indonesia. PT DI juga patut berbangga karena telah menyelesaikan kontrak tepat waktu dan masuk dalam jajaran perusahaan pemenang tender internasional,” kata Budi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s