IPTEK

  • Cara Isi Dan Beli Token PLN aya sempat kebingungan saat ini ngin membeli pulsa untuk listrik rumah yang baru saja saya tempati. Yang di berikan pihak develover hanya buku manual dari PLN untuk melakukan pengisian token dan no id pelanggan pada smart card.Sebelum membeli Voucher via ATM sebaiknya kita mengetahui kapan Pulsa PLN kita akan habis melalui lampu indikator yang ada pada meteran.
    1. Lampu indikator Hijau = Credit masih sangat banyak.
    2. Lampu indikator Kuning = Credit masih cukup banyak.
    3. Lampu indikator Merah = Credit sudah hampir habis.
    4. Lampu indikator Merah (Berkedip) = Credit sudah sangat kritis (+bunyi buzzer).
  • Cara mengisi listrik prabayar Inilah inovasi terkini dari layanan PLN yang lebih menjanjikan Kemudahan, Kebebasan dan Kenyamanan bagi pelanggannya : Listrik Prabayar – Listrik Isi Ulang !
    Dengan listrik prabayar, setiap pelanggan bisa mengendalikan sendiri penggunaan listriknya sesuai kebutuhan dan kemampuannya.
    Seperti halnya pulsa isi ulang pada telepon seluler, maka pada sistem listrik prabayar, pelanggan juga terlebih dahulu membeli token (voucher listrik isi ulang) yang terdiri dari 20 digit nomor yang bisa diperoleh melalui gerai ATM sejumlah bank atau melalui loket-loket pembayaran tagihan listrik online.
  • Hotel Tercanggih Di Dunia The ‘Apeiron’ island hotel is a seven star resort with a total floor area of 200,000m². It is 185-m high and boasts of over 350 luxury apartment suites. The hi-tech futuristic hotel screams of luxury and comfort with its own private lagoon, beaches, restaurants, cinemas, retail shopping, art gallery, spas and conference facilities. Its out of the world design is magnetic enough to deliver a spell-bounded experience to visitors. (Photo Credit: Sybarite)
  • Nama Mata Uang Dunia Abbesinia : Dollar
    Afghanistan : Afgani
    Afrika Selatan : Rand
    Afrika Tengah : Franc
    Albania : Lek
    Aliazair : Dinar
    Amerika Serikat : Dollar
    Angola : Kwanza
    Argentina : Peso
  • Kapal Selam Indonesia Pemerintah memastikan rencana pembelian kapal selam tahun ini. Sebagaimana Kepala Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan, Laksamana Madya Susilo, mengatakan secara implisit di media masa akhir pekan kemarin bahwa setidaknya ada dua unit kapal selam yang akan dibeli. Diberrtahukan pula kementerian sedang memproses tawaran pembelian kapal selam dari beberapa negara. Meski demikian, ia tidak menyebutkan kapal selam buatan negara mana yang akan dipilih. Meski kesepakatan pembelian dilakukan tahun ini, dua kapal selam itu baru selesai dibangun lima tahun mendatang. Akan tetapi ditandaskan pembeliannya menyesuaikan ketersediaan anggaran karena harga kapal selam yang sangat mahal. Ia mencontohkan kapal selam jenis Scorpene yang dibeli Malaysia dari Prancis harganya mencapai €550 juta atau lebih dari US$700 juta. Beberapa hari kemudian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Soeparno mengambangkan lagi dengan menyampaikan masih dalam proses dengan Kementerian Pertahanan.
  • GENERATORContoh generator semuanya menggunakan magnet permanen (PMG = Permanent Magnet Generator). Tujuannya adalah dengan putaran rendah sudah dapat menghasilkan listrik (200 s/d 500 rpm). Bila menggunakan generator induksi, maka putarannya antara 700 s/d 3000 rpm. Dengan putaran sedemikian tinggi, maka konstruksinya harus menggunakan jasa tukang bubut, atau menggunakan bahan dari onderdil mobil bekas.
    Dinamo amper/alternator motor dan alternator mobil dapat juga dipakai sebagai pembangkit listrik untuk mengisi accu, tapi putarannya minimal 700 rpm. Butuh angin yang cukup kencang, atau butuh aliran air yang cukup deras. Kalau tokh angin maupun air tidak memadai, maka mau tidak mau harus menggunakan gearbox atau multiplikasi putaran. Bisa gir dengan gir, atau gir rantai, atau pulley dengan v belt.
  • Membersihkan virus pada Hp N70 (symbian) Hai Guys..! :)kemarin malem saya lagi perbaiki hape temen yang terkena virus. Solusinya saya melakukan flas total. Langsung aja kita masuk ke caranya.Membersihkan virus di Hp :
  • Membuat status di Facebook dengan tulisan unik Bagi kamu yang memiliki hobby ngungkapin perasaan, luapan isi hati, berbagi kesan yang lucu, sedih, bahagia di jejaring sosial. Kamu pasti ingin suatu hal yang baru. misal pengen buat status dengan font yang unik. Ni aku bagi  koleksi  buat kamu deh… Cara pakenya tinggal copy tulisan di bawah ini trus …. paste di statusmu !
  • Membuat status berwarna (FB) di hpHalo buat guys!!.. yang mungkin lom tau cara membuat status berwarna biru d ‘FB’ kamu.  Aku bagi tipnya ni moga bermanfaat bagi kalian semua. Ni aku  biasa gunakan opera mini.Langsung aja ya langkah2nya:
  • Pengetahuan tentang relai Relai Elektromekanik terdiri atas sebuah armature inti besi yang ditarik oleh medan magnet yang dijangkitkan oleh sebuah kumparan. Armatur membuka atau menutup kontak – kontak relai. Arus “tarik” bergantung kepada banyaknya kontak, daya yang diperlukan lazimnya berada diantara kira-kira 30 dan 600 mW. Impedansi kumparan ada di antara kira – kira 250 dan 2200 ohm. Waktu swits “ON” dan ” OFF” ada kira – kira 10 mdet dan 3 mdet.
  • Pengetahuan tentang dioda zener Pada dasarnya diode zener (diode Z) adalah diode PN biasa, hanya selama proses konstruksinya diperhatikan hal penerapan efek dadalan (breakdown effect). Karena bahan semi konduktornya dicemari, lapisan rintangannya sangatlah tipis. Saat terjadinya dadalan zener, di peralihan terlepaslah electron – electron dari ikatan atomnya oleh medan listrik yang tinggi. Elektron – electron ini kemudian membangkitkan emisi sekunder dan terjadilah dadalan bandangan (avalanche) atau kastada. Tegangan dadalan bergantung kepada seberapa jauhnya kritalnya tercemar.
  • Pengertian Kondensator Kondesator keramik yang dielektriknya terdiri atas bahan keramik, dibuat dengan bernagi jangkah koefisien suhu, antara + 100 ppm/K – 5600 ppm/K. Tergantung pada tipe yang dipakai, maka koefien suhu akan tak bergantung suhu ataupun akan berubah berpadanan dengannya. Tipe tersebut akhir ini sangat cocok untuk digunakan mengompensasi ketergantungan kepada suhu yang ada pada komponen – komponen lain, misalnya kumparan ferit yang memiliki koefisien suhu positif. Kalau menggunakan kondensator keramik haruslah dijaga agar tidak akan terjadi regangan mekanik yang berlebihan, sebab ini akan memecahkan keramiknya.
  • Bail Out Mungkin kita sering mendengar istilah bailout di berita berita televisi nasional tentang kasus kasus uang dan bank. Tapi kali ini kita tidak membahas bail outyang itu.
    Bail out sangat dikenal oleh para penerbang militer, khususnya penerbang pesawat tempur. Bail out ialah proses keluarnya penerbang dari cockpit pesawat dikarenakan pesawat dalam keadaan bahaya.
    Apa saja yang dimaksud dalam keadaan bahaya?
  • Pengetahuan Umum Sistem Kerja Pesawat Terbang
  • Untuk memuaskan rasa keingin-tahuan (curiosity) mereka, dan sekaligus mengoreksi kesalahan konsep (misconception) yang mungkin saja ada, maka kali ini kita akan membahas aspek-aspek mendasar yang menyebabkan sebuah pesawat terbang bisa terbang dari sudut kajian ilmiah populer supaya tidak terkesan rumit sehingga mudah dipahami oleh berbagai kalangan. Sebagaimana kita ketahui, di permukaan bumi ini setiap benda yang bobotnya lebih berat dari udara (heavier than air) pasti akan jatuh ke permukaan bumi karena fenomena ini tunduk pada hukum Gravitasi (G). Untuk mempertahankan agar benda tetap berada pada tempatnya dan tidak jatuh ke bumi, maka dibutuhkan Gaya (Force) sebesar Gaya Gravitasi (G-Force) yang timbul terhadap benda itu, yang dalam sehari-hari disebut Bobot (Weight). Hal ini berlaku pula pada sebuah pesawat terbang sebagai benda yang lebih berat dari udara.
  • Robot Honda ASIMO Advenced Human Banyak dari kita dibesarkan menonton robot di televisi dan di film: Ada Rosie, Jetsons ‘robot pembantu rumah tangga; Data, yang android crewmember di “Star Trek: The Next Generation”; dan tentu saja, C3PO dari “Star Wars.” Robot yang diciptakan saat ini tidak cukup di bidang Data atau C3PO, tapi ada beberapa kemajuan yang menakjubkan dalam teknologi mereka.Insinyur honda telah sibuk menciptakan robot Asimo selama lebih dari 20 tahun. Pada artikel ini, kita akan tahu apa yang membuat Asimo yang paling canggih robot humanoid to-date. Honda Motor Company mengembangkan Asimo, yang adalah singkatan dari Advanced Step in Innovative Mobility, dan merupakan robot humanoid yang paling maju di dunia. Menurut situs Web Asimo, Asimo adalah robot humanoid pertama di dunia yang dapat berjalan secara independen dan memanjat tangga.
  • Perpindahan KALOR: KONDUKSI Perpindahan kalor secara konduksi (hantaran) adalah perpindahan kalor melalui zat perantara dimana partikel- partikel zat perantara tersebut tidak berpindah. Jika ujung batang suatu logam dipanaskan dengan api, ternyata ujung logam yang kita pegang akhirnya menjadi panas. Hal tersebut membuktikan adanya perpindahan kalor dari ujung batang logam yang dipanaskan ke ujung batang yang kita pegang. Ada zat yang daya hantar panasnya baik, ada pula zat yang daya hantar panasnya buruk. Berdasarkan daya hantar panasnya maka zat dikelompokkan menjadi dua yaitu konduktor dan isolator.
  • Perbedaan Cara kerja Karburator dan Injeksi motor Apa saja perbedaan cara kerja karburator dan injeksi motor?, mari kita pelajari bersama – sama.1. Cara kerja mencampur bahan bakar dengan udara.
    Pada sistem karburator, pencampuran bahan bakar dan udara di sebabkan adanya kevakuman ruang bakar yang terjadi akibat langkah hisap piston. Jika pada sistem injeksi, pencampuran bahan bakar dan udara yang di lakukan oleh injektor atas perintah dari ECM yang mempertimbangkan sinyal dari sensor-sensor yang menyebar di seluruh mesin dan knalpot.
  • Jenis fauna (hewan) di indonesia dan persebarannya Keanekaragaman dan perbedaan fauna di Indonesia dipengaruhi oleh keadaan alam, gerakan hewan dan rintangan alam. Fauna atau dunia hewan di Indonesia digolongkan menjadi tiga kelompok berdasarkan pengelompokan oleh Alfred Russel Wallace dan Max Wilhelm Carl Weber. Secara ringkas tiga kelompok fauna di Indonesia adalah sebagai berikut :
  • Biopori: Solusi Teknologi Ramah Lingkungan Sebagai gerakan peduli terhadap lingkungan, Unpad menawarkan solusi teknologi yang berbasis ramah lingkungan. Solusi ini dinamakan Biopori, yang diluncurkan langsung oleh Rektor Unpad Prof. Ganjar Kurnia. Hadir pula PR Bidang Kemahasiswaan Trias Nugrahadi, dr. Sp. KN, Sekretaris Senat Prof. Dr. Johan Masjhur, dr., Sp.PD-KEMD, SpKN, juga oleh beberapa Dekan Fakultas. Acara ini diselenggarakan pada hari Senin (22/12) di Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Jl. Dipati Ukur , Bandung.
  • Proses fotosintesis Fotosintesis adalah proses pembentukan zat makanan (glukosa) pada tumbuhan yang menggunakan zat hara, air dan karbondioksida dengan bantuan sinar matahari. Fotosintesis sangat penting bagi kehidupan. Selain menghasilkan zat makanan pada tumbuhan, proses ini juga menghasilkan oksigen yang dibutuhkan bagi pernafasan manusia. Proses fotosintesis terjadi pada daun tumbuhan. Proses fotosintesis ini tidak berlangsung pada semua sel tetapi hanya pada sel yang mengandung pigmen fotosintetik. Disamping itu proses fotosintesis juga dipengaruhi oleh kemampuan daun menyerap spektrum cahaya, perbedaan ini disebabkan oleh adanya perbedaan pigmen pada jaringan daun. Kloroplas adalah salah satu pigmen fotosintetik yang berperan penting dalam proses fotosintesis dengan menyerap energi matahari.
  • Macam-macam vitamin, fungsi serta sumbernya Macam-macam vitamin, fungsi serta sumbernya
    1. Vitamin A
    Fungsi : Mencegah penyakit rabun senja, meningkatkan daya tahan tubuh, dan memerangi penyakit malaria.
    Sumbernya : Hati, minyak ikan, daging, susu, wortel,dan sayuran/buah berwarna orange
    2. Vitamin B
    a. B1 (Thiamin)
    Fungsi : Membantu proses oksidasi tubuh untuk memperoleh energy dan mencegah penyakit beri-beri.
  • Sejarah Teknologi Jaringan Sosial Tentunya Anda sudah tahu yang namanya Twitter. Twitter adalah sebuah micro-blogging atau blog mikro atau dapat dikatakan sebuah jejaring sosial seperti halnya Facebook. Di Indonesia memang Twitter kalah populer dibandingkan dengan Facebook yang saat ini sudah mencapai lebih dari 200 juta pengguna di seluruh dunia. Tapi tahukah Anda bahwa Twitter juga merupakan sebuah jejaring sosial yang cukup ampuh apabila Anda memanfaatkannya untuk mencari, mendapatkan teman serta memasarkan bisnis online Anda.
  • Satelit NASA Jatuh di Samudra Pasifik Satelit penelitian atmosfir atas (UARS) milik NASA yang jatuh di kawasan Samudra Pasifik Sabtu pagi (foto ilustrasi). Badan antariksa Amerika (NASA) mengatakan potongan-potongan satelit yang telah dinonaktifkan telah jatuh kembali ke bumi di Samudra Pasifik. Sebelumnya, pejabat NASA telah mengatakan bahwa risiko orang terkena potongan-potongan satelit yang jatuh itu sangat kecil.

Tinggalkan komentar